<h1 class='article-title'> <!--Can't find substitution for tag [post.title]--> </h1>
Berita Bengkulu Pedia 😀
[ Summary : Health Family ... ]



10 Cara Mengatur Pola Hidup Yang Sehat




Hallo sanak bengkulu-pedia, kali ini mimin akan memberikan tutorial kesehatan tentang bagaimana cara mengatur gaya hidup yang sehat atau bagaimana cara mengatur pola hidup yang baik dan sehat. Mengatur gaya hidup atau pola hidup sesuai standar kesehatan sangat berguna untuk menjaga kesehatan pastinya dan membantu perkembangan tumbuh kembang terutama untuk anak-anak.


Mungkin sebagian besar anda orang tua sudah tahu bagaimana cara menjalani hidup sehat. Tapi pertanyaan-nya ialah apakah anda sudah yakin bahwa pola hidup anda selama ini sudah betul?, dan apakah anda yakin bahwa gaya hidup anda sudah benar. Berapa jam waktu yang dibutuhkan untuk tidur beristirahat dan apakah anda merokok juga menjadi faktor yang mempengaruhi kesehatan sesoorang.


Jika kebiasaan buruk ini dilakukan terus menerus, maka penyakit-penyakit akan mulai berdatangan, dari mulai penyakit yang tingkatnya mudah disembuhkan hingga yang susah disembuhkan. Bayangkan kelak dikemudian hari, risiko apa yang akan Anda terima ketika Anda melakukan sesuatu. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan tindakan pencegahan serta memikirkan pola hidup yang berjangka panjang. Banyak yang mengatakan sehat itu mahal sehingga berbunyi motto olahraga seperti ini ( Mens sana in corpore sano ) yang artinya di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Jadi jika tubuh anda sehat maka pikiran anda juga akan baik. Berikut ini adalah 10 tips praktis menjalani cara hidup yang baik dan benar menurut ilmu kesehatan :


1. Menjaga Istirahat yang Cukup


Pertama-tama, untuk menjalani cara hidup yang benar adalah menjaga waktu istirahat yang cukup. Semua aktivitas melakukan pekerjaan kantor maupun aktivitas sekolah anak harus sesuai standar procedure, lalu jangan sampai dilakukan hingga larut malam. Beberapa sekolah mungkin mengadakan banyak exstra yang bisa mengubah pola hidup anak dimana waktu tersebut dimanfaatkan untuk tidur siang.


Istirahat Tidur yang cukup merupakan bagian yang vital dari pola hidup sehat. Idealnya para pakar kesehatan menyarankan agar tidur minimal 7-9 jam sehari. Tetapi secara umum kebutuhan tidur setiap orang bisa berbeda-beda. Secara umum, bayi baru lahir butuh tidur 14-17 jam sehari, anak umur 1-2 tahun butuh tidur 11-14 jam sehari, anak umur 3-5 tahun butuh tidur 10-13 jam sehari, remaja umur 14-17 tahun butuh tidur 8-10 jam sehari, sedangkan orang dewasa dan lansia umumnya butuh tidur 7-9 jam sehari.


Manfaat dari tidur ialah menjaga kesehatan badan menjadi bugar dan fresh kembali.


2. Menjaga Kebersihan Lingkungan


Lingkungan tempat tinggal menjadi faktor terpenting dalam menjaga kesehatan. Tidak hanya lingkungan dirumah, pada lingkungan kantor dan sekolah juga harus diperhatikan kebersihannya. Lingkungan yang kotor dan berdebu dengan sampah berserakan dapat membuat anda menjadi sakit meskipun anda sudah menerapkan pola hidup yang baik sekalipun.


Ciri-ciri lingkungan yang sehat yaitu harus mempunyai siring kecil atau got sebagai tempat pembuangan air ketika hujan dimana tujuannya yaitu mengalirkan air hujan dan menghindari terjadinya genangan air yang bisa menyebabkan kelembapan di sekitar lingkungan tempat tinggal anda.


Selain itu menjaga kebersihan seperti mencuci tangan adalah suatu hal yang penting, terlebih lagi pada saat akan makan. Menjaga tangan tetap dalam kondisi bersih sanggup menghindari Anda dari macam-macam penyakit seperti diare dan pneumonia. Pasalnya kedua penyakit ini merupakan penyebab kematian 2 juta anak yang berusia lima tahun kebawah dalam setiap tahunnya.


3. Menerapkan Pola Makanan yang Sehat


Tentu saja pola makan yang sehat yaitu memilih makanan 4 sehat 5 sempurnya. Apa saja jenis makanan yang memiliki kandungan tersebut tersebut :


  • 1. Lauk Pauk. seperti hidangan nasi yang umumnya banyak mengandung protein, baik hewani maupun nabati. Lauk pauk hewani, antara lain daging, unggas, ikan, dll. Sedangkan lauk pauk nabati berupa tahu, tempe, etc

  • 2. Sayur Mayur. seperti semua jenis tanaman yang dapat dikonsumsi baik yang diambil dari akar, batang, daun, biji-bijian, bunga pepaya, pucuk singkong atau pucuk ubi karena juga mengandung zat besi. Didalam sayur-sayuran juga seperti bayam, wortel, tomat, timun, juga mengandung berbagai macam vitamin A, B, dan vitamin C

  • 3. Buah Buahan. seperti Buah-buahan laksana alpokat, anggur, apel, pisang, berry, dan jeruk, dan paling baik untuk mengayomi jantung sebab kaya bakal kandungan flavonoids, caretonoids, serat, potasium, dan magnesium.

  • 4. Susu seperti susu kambing atau susu ibu hamil. Tapi gak mungkin lah ya susu bumil terus. Berbagai merek susu seperti susu keledai, susu beruang juga menjadi pelangkap makanan 4 sehat ini menjadi 5 sempurna ditambah lagi dengan meminum air mineral dan madu.

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah menu makanan yang lengkap dan mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Masing-masing zat gizi ini terkandung dalam berbagai jenis makanan yang berbeda.


4. Memperanyak Minum air putih


Faktor terpenting dalam menerapkan hidup sehat yaitu Perbanyak minum air putih. Kebanyakan kaum lelaki dan perempuan masih lebih sering meminum kopi daripada air mineral. Menongkrong di kedai pun memesan kopi starbuck terus bagaimana bisa menerapkan cara hidup sehat.


BENGKULU PEDIA : Manfaat pola hidup sehat yang baik dan benar sesuai standar olahraga kesehatan bengkulupedia.com

5. Menggunakan Air yang bersih


Tidak mandi menggunakan air yang bersih bisa menyebabkan sakit gatal-gatal. Ketika anda tidak mengkonsumsi air yang bersih maka bisa menyebabkan sakit diare, etc. Air adalah sumber kehidupan jadi bila ingin mengatur hidup yang sehat mulailah memilih jenis air yang sehat seperti tidak berbau, jernih, dan dapat di identifikasi dengan hidupnya hewan di dekat air seprti air diminum oleh hewan, atau ada ikan berenang didalam air tersebut. Jangan dikira air di pegunungan semuanya bebas dari kandungan belerang ya guys.


Pastikan juga bila dirumah atau heking untuk menyimpan air konsumsi di wadah yang bersih dan tertutup serta jangan sekali-kali memasukkan tangan kedalam air yang untuk di konsumsi karena tangan adalah satu wadah tempat penyakit untuk menyebar.


6. Berhenti Merokok dan Hindari udara berdebu


Merokok merupakan aktivitas yang dapat merugikan Anda, pasalnya selain membuat boros keuangan, rokok juga merupakan dalang penyakit-penyakit mematikan seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, asma, serta gangguan-gangguan terhadap mulut, gigi dan gusi.


Dahlah malas kali aku bahas rokok atau vape. Bila ditanya bagusan mana merokok atau vape jawabannya adalah tidak ada yang baik, sekian dulu mimin malas bahas rokok-rokok ini haha.


Lanjutkan membaca BAB halaman 2, ya bosku ...

[ Summary cramps and tingling ... ]



7. Mengontrol Asupan Makanan dan Minuman


Penting, anda harus memperhatikan makanan yang baik untuk dimakan. Misalnya memperhatikan tanggal kadaluwarsa ketika membeli makanan di toko atau mol. Memperhatikan bahan makanan minuman sayuran yang masih segar dipasar, dan hindari makan berlebihan karena bisa menyebabkan kolesterol terutama maknan yang terlalu banyak mengandung minyak.


Selain itu mimin mempunyai contoh yaitu pada minuman seperti kafein pada kopi, selain mendapatkan manfaat kopi yaitu seperti mencegah kanker dan dapat mengurangi risiko penyakit alzheimer, jika dikonsumsi secara berlebihan kopi juga dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke di kemudian hari. Maka dari itu penting bagi Anda untuk mengontrol asupan makanan dan minuman Anda agar tidak berlebihan dan mendapatkan efek negatif.


8. Hindari Terlalu Sering Bergadang


Kenapa tidak di perbolehkan terlalu sering bergadang jawabannya yaitu bergadang tentu saja mengurangi waktu istirahat sehingga waktu tidur menjadi tidak cukup.


faktor utama bergadang terus-menerus tidak baik untuk kesehatan tubuh karena udara angin malam merupakan karbon diogsida yang dikeluarkan oleh pepohonan, jadi waktu terbaik untuk melakukan aktivitas sebaiknya dilakukan disiang hari. Mungkin semua sudah tahu bahwa bergadang tidak baik tetapi boleh dilakukan sesekali seperti menonton bola hehe.


9. Rutin Berolahraga Teratur


Apakah anda sudah rutin berolahraga? menurut ilmu kesehatan olahraga yang baik dan benar dilakukan minimal 1 minggu 2 kali berolahraga seperti disaat hari weekend.


Jenis olahraga bervariasi mulai dari lari, senam, zumba, muaythai, tenis lapangan, badminton, bultangkis, main bola, etc. Olahraga diperlukan oleh tubuh untuk menjaga pergerakan badan dan pernafasan tetap stabil dan sehat. Bila jarang berolahaga tentu saja postur tubuh tidak ideal apalagi nafasnya pasti mudah ngos-nogsan. Selain itu olahraga bermanfaat membuang racun didalam tubuh dan merangsang masa pertumbuhan pada tubuh.


10. Berfikir Positif (positif thinking)


Cobalah untuk selalu berpikir positif pada setiap hal, tidak berprasangka buruk, menemukan hikmah di setiap kejadian. Dengan begitu hati dan pikiran Anda akan tetap tenang, lingkungan menjadi nyaman dan tentram. Pikiran negatif seperti berprasangka buruk cenderung hanya akan menyusahkan Anda, membuat Anda kesulitan di situasi-situasi tertentu, menambah beban pikiran dan menyebabkan stres.


Seperti pada motto kehatan berolahaga yaitu didalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Apabila tubuh anda sehat dan bugar tentu saja pikiran akan jauh lebih fresh dan pintar.



[ Page 3 : Artikel ... ]






[ Page 4 : Artikel ... ]






10 Contoh Bagaimana Cara Mengatur Pola Hidup yang Sehat

tag:google.com,2005:reader/user/09689959770434513005/state/com.google/alerts/2335589448865632528 😃 | Bengkulu Pedia Google.com - site:https://www.bengkulupedia.com tag:google.com,2005:reader/user/09689959770434513005/state/com.google/alerts/381687915440932219 😃 | Bengkulu Pedia Google.com - site:https://1884061817778447842_615f7a7dfdb4a35f485cf3adfcdc231a0ac19187.blogspot.com