<h1 class='article-title'> <!--Can't find substitution for tag [post.title]--> </h1>
Berita Bengkulu Pedia 😀
[ Summary : Tutorial Aplikasi ... ]



Cara Mengatasi Baterai Panas dan Menghemat Batrai Android



Hallo bosku, Smartphone android terkenal dengan daya tahan baterai yang tidak lama dan boros. Bahkan ada sebagian ponsel android yang waktu standby nya memalukan. Hanya dalam beberapa jam, baterai sudah terkuras habis dan harus di charge kembali. Apakah hal tersebut terjadi pada ponsel android kamu? . Jika iya, maka artikel ini akan memberikan solusi agar baterai di ponsel android kamu dapat bertahan lama dan awet.


Memang sih, menghemat baterai android bukanlah perkara yang mudah. Ada berbagai factor yang dapat menyebabkan baterai cepat habis dan tidak tahan lama. Salah satu factor penyebab utamannya adalah teknologi layar yang digunakan serta kapasitas baterai itu sendiri. Berikut ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk menghemat baterai android agar bertahan lama dan tentu saja awet.


9 Cara Menghemat Baterai pada hp Android :


Cara menghemat baterai android merupakan hal yang selalu diperdebatkan. Ada beberapa orang yang menganggap bahwa hal tersebut tidak ada bedanya sama sekali. Tapi, meskipun begitu. Apa salahnya kamu mencoba cara-cara menghemat baterai android dibawah ini? Saya sendiri tentu saja pernah mencobanya dan mendapat perubahan yang cukup signifikan.


1. Jangan Menggunakan Wallpaper yang Cerah dan Beranimasi


Wallpaper yang cerah akan menyebabkan baterai android cepat habis. Mengapa? Karena dengan wallpaper yang cerah tentu saja layar android akan memancarkan cahaya yang banyak. Tentu saja hal tersebut berdampak pada daya tahan lama baterai android. Apalagi untuk wallpaper yang beranimasi, itu akan menyebabkan baterai android cepat habis.


Maka dari itu, gunakanlah wallpaper yang gelap (hitam) agar kontras pada layar android tidak terlalu cerah. Dan alhasil, baterai androidmu bisa sedikit lebih hemat.


2. Atur Tingkat Kecerahan Layar


Cara menghemat baterai android yang kedua yaitu dengan mengatur tingkat kecerahan layar serendah mungkin, hal tersebut sangat efektif untuk menghemat daya tahan baterai android agar bisa kamu gunakan lebih lama lagi.


Sesuaikan saja dengan kondisi sekitar, jika kamu sedang berada ditempat yang cahayanya minim. Maka minimalisir juga tingkat kecerahan di android kamu. Atau kamu bisa menggunakan fitur “auto brightness” pada ponsel androidmu.


3. Atur Waktu Tidur Android


Mengatur waktu tidur yang saya maksud disini adalah mengatur waktu ketika layar mati secara otomatis saat android tidak digunakan.


Seperti yang sudah saya singgung dipembukaan, bahwa layar merupakan factor terbesar dalam borosnya baterai android. Itu sebabnya lebih baik mengatur waktu tidur android sesingkat mungkin agar dapat mengurangi konsumsi daya baterai yang digunakan.


4. Matikan Getaran (Vibrate)


Getaran pada ponsel android merupakan salah satu penyebab baterai terkuras habis. Jika kamu berfikir bahwa dengan mematikan getaran ponsel (vibrate) tidak berpengaruh untuk menghemat baterai android, maka kamu salah besar. Mengapa? Karena motor elektrik yang digunakan untuk menggetarkan ponsel akan berpengaruh pada terkurasnya baterai.


Semakin banyak kamu menerima notifikasi berupa sms, whatsapp dan lain-lain, maka semakin banyak juga getaran yang terjadi. Tentu saja itu akan membuat baterai cepat habis.


Untuk itu, matikan fitur vibrate dan gunakan saja dering untuk menerima notifikasi.


5. Matikan GPS, NFC, dan Bluetooth


Cara menghemat baterai android selanjutnya yaitu dengan mematikan ketiga fitur diatas. Terutama GPS yang berjalan aktif dilatar belakang, karena GPS sangat menguras baterai sekitar 70%. Untuk itu, pastikan GPS di ponsel androidmu sudah mati dan tidak berjalan dilatar belakang. Bagaimana caranya? Berikut:


Pergi ke Pengaturan > Additional Setting > Privacy > Location (setiap pengaturan ponsel bisa saja berbeda, untuk itu silakan cari sendiri menu Location sesuai ponsel masing-masing)

Klik Off

Selesai


selain GPS, NFC dan Bluetooh juga berpengaruh pada borosnya baterai android. jadi, matikan kedua fitur tersebut jika tidak sedang digunakan.


BENGKULU PEDIA :  tutorial mengatasi batrai cepat habis dan cara mengehemat baterai android aplikasi bengkulupedia.com

6. Matikan Data dan Gunakan Wi-Fi

Data seluler merupakan penyebab baterai android cepat habis. Karena dengan mengaktifkan data seluler, android akan bekerja lebih keras untuk mendapat sinyal khususnya untuk data koneksi internet.


Lalu bagaimana solusinya? Yaitu dengan menonaktifkan data setiap kali android tidak digunakan untuk keperluan internet. Jika bisa, gunakan wi-fi ketimbang data seluler. Karena wi-fi lebih hemat daya untuk keperluan internet. Pada halaman 2 saya akan memberitahukan cara mematikan vitur async untuk mengatasi batre cepat habis.


Lanjutkan Membaca Halaman Bab 2. Yah bosku ...



[ Summary ... ]





7. Matikan Fitur Auto Sync


Auto Sync (Auto Sinkronisasi) merupakan fitur yang disematkan pada android untuk mengunduh informasi secara otomatis. Misalnya ketika mendapat pesan di aplikasi gmail, maka android akan langsung menerimanya berupa notifikasi tanpa harus membuka aplikasi tersebut. Nah, tentunya hal tersebut akan berdampak pada borosnya baterai android.


Jadi, saya sarankan untuk mematikan fitur auto sync agar android kamu jauh lebih hemat baterai. Caranya sangat mudah yaitu:


Pergi ke Menu Pengaturan > Sync

Klik Off

Selesai

Selain itu, kamu bisa menonaktifkan auto sync lewat menu bar.

8. Batasi Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang


Aplikasi yang berjalan dilatar belakang (background) sangat berpengaruh pada borosnya baterai android. Perlu diketahui, ada beberapa aplikasi yang sangat menguras baterai android. Salah satunya yaitu aplikasi Facebook, Messenger dan Instagram. Ketiga aplikasi tersebut seringkali berjalan dilatar belakang tanpa kita buka untuk menerima notifikasi.


Solusinya yaitu dengan membatasi aplikasi tersebut agar tidak berjalan di latar belakang. Untuk ponsel Xiaomi, kamu tinggal ikuti saja cara dibawah. Namun, untuk ponsel android lainnya mungkin akan sedikit berbeda.


Pergi ke Security > Permission > Autostart

Klik off pada aplikasi yang tidak diijinkan berjalan dilatar belakang

9. Hidupakan Battery Saver (Mode Hemat Baterai)


Kebanyakan smartphone android terbaru sudah menyematkan fitur battery saver, kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk menghemat baterai android.



[ Page 3 : Artikel ... ]






[ Page 4 : Artikel ... ]






Mengatasi Baterai Panas dan Cara Menghemat Baterai Android

tag:google.com,2005:reader/user/09689959770434513005/state/com.google/alerts/2335589448865632528 😃 | Bengkulu Pedia Google.com - site:https://www.bengkulupedia.com tag:google.com,2005:reader/user/09689959770434513005/state/com.google/alerts/381687915440932219 😃 | Bengkulu Pedia Google.com - site:https://1884061817778447842_615f7a7dfdb4a35f485cf3adfcdc231a0ac19187.blogspot.com