<h1 class='article-title'> <!--Can't find substitution for tag [post.title]--> </h1>

Tim Astra Motor Berikan Tutorial Mengendarai Motor Kopling

Penulis: Febri Hilwan

1/7/2023
CNN+BENGKULU+PEDIA Kami Hadir Sebagai Media Provinsi Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara, Kaur, Kepahiang, Lebong, dan Rejang Lebong Selengkapnya
User Avatar

Cara Bawa Motor Kopling Ternyata Tak Semudah Cara Bawa Motor Gigi Manual


Bengkulu, Bengkulupedia.com - Tutorial menggunakan motor kopling sebenarnya tidak terlalu sulit bagi yang pernah menggunakan motor gigi manual. Akan tetapi, bagi pengguna motor metic pasti mengalami kesulitan dalam mengendarai motor kopling. Hal ini wajar karena motor metic adalah motor secuter yang memang didesain untuk membantu berkendara agar lebih praktis.



Terdapat perbedaan antara Motor Kopling dengan Motor Metic. Pada Motor kopling memiliki transmisi manual dengan ditambah kopling untuk memindahkan gigi sedangkan matic memiliki transmisi yang otomatis. Bagi pengguna pemula sepeda motor, mengendarai motor kopling memang sedikit sulit untuk di pelajari dan membutuhkan banyak konsentrasi seperti penggunaan sisi kopling, gas, rem secara bersamaan.



Tutorial Cara Bawa Motor Kopling



  • Pertama, Pelajari Sistem Kerja Kopling yaitu kopling motor terletak pada sisi kiri dibagian stang motor sedangkan pada bagian kanan stang motor adalah pengereman. Fungsi utama dari kopling ini adalah memutus penggerak yang biasanya berbentuk transmisi dan gear ke mesin, sehingga kita mudah untuk mengganti gigi ke lebih tinggi atau yang ke lebih rendah.

  • Lalu terdapat aturan cara mengoper gigi pada motor kopling, yaitu untuk mengoper ke gigi 1,2,3,4,5 maka pilih tuas gigi bagian belakang. Sedangkan untuk menurunkan gigi secara teratur maka menggunakan tuas gigi bagian depan. Tampak jelas bahwa dalam menggunakan motor kopling merupakan kebalikan dari cara bermotor gigi yang manual.

  • Kemudian, praktek cara bermotor kopling adalah lepaskan tuas kopling secara perlahan. Yang harus diketahui bagi para pengguna motor kopling pemula, saat menaiki sepeda motor kopling yaitu dengan cara melepas kopling. Cara melepas kopling sangat mempengaruhi lajunya kendaraan bermotor. Semakin pelan dan hati – hati dalam melepas kopling maka laju sepeda motor menjadi semakin halus. Perlu diperhatikan bagi pengendara untuk hindari melepas kopling secara mendadak karena dapat membuat motor-nya loncat.

  • Latih Juga Perpindahan Kopling Di Torsi Yang Optimal, misalnya perpindahan gigi ada baiknya dilakukan pada putaran mesin di sekitar 2300 – 2500 rpm. Jadi yang dimaksud optimal bukan dalam perpindahan tinggi yang optimal. Namun putaran mesin di sekitar 2300 – 2500 rpm bukan menjadi patokan ya, biasakan mengambil rpm terendah karena jenis sepeda motor kopling pasti berbeda-beda.



Pengalaman Belajar Motor Kopling



Mungkin perbedaan motor gigi manual dan motor kopling yang paling mendasar adalah transisi cara menaikkan atau mengoper gigi motor selebihnya selain itu sama baik dari tutorial cara pengereman, cara menarik pedal gas motor, dan cara menaiki motor-nya. Motor kopling dapat di kenali dengan tipe mesin-nya yaitu motor 2-TAK atau motor yang 4-TAK sudah pasti itu merupakan motor kopling.



Kesan pertama kali saya saat belajar motor kopling yaitu menggunakan motor bapak yang bermerek KYT 2 Tak. Meskipun sudah pandai menggunakan motor gigi manual saya tidak langsung bisa mengendarai motor kopling. Tahap awal belajar motor kopling benar-benar membuat saya malu karena motornya suka mati tiba-tiba dilampu merah. Rupanya dalam menggunakan motor kopling kita harus selalu menjaga transisi ritme gas motor dengan selalu menahan tuas kopling setengah/full agar motor kopling tidak mati mendadak. Quotes dari saya yaitu "tidak ada yang tidak bisa jika kita bersungguh-sungguh dalam belajar bahkan itu pengen terbang ke planet mars sekalipun"



Tips Cara Bawa Motor Kopling
Mutu Deskripsi
Jumblah Gigi Motor Kopling Terdapat 4 samapai 5 Gigi pada motor kopling. Sedangkan pada motor gigi manual terdapat gigi 1,2 dan 3 saja
Cara Menaikkan Gigi Motor Kopling Tuas pedal gigi bagian depan untuk mengurangi gigi motor dan Tuas bagian belakang untuk menaikkan gigi motor
Motor Kopling Apa saja ? Semua motor 2 TAK dan 4 Tak. 2 silinder atau 4 Silinder sudah pasti motor kopling
Kopling Itu Apa ? Fungsi kopling adalah memuutus penggerak antara gear ke mesin agar pergantian gigi lebih halus. Tidak ada perbedaan antara cara kerja kopling mobil dengan kopling motor.
Kendala Motor Kopling Bagi pengendara yang masih amatir mungkin motor kopling suka mati di tanjakan atau lampu merah.


Masih Maintantce





Perbaikan Maintantce






FEBRI HILWAN

@febri.hilwan

Saya adalah seorang nubi programmer & memiliki keterampilan siber security. Akrab dipanggil bang boy, saya dikenal sebagai Pendiri & Direktur Utama (CEO) bengkulupedia.com.

Basic sekolah saya yaitu Teknik Komputer Jaringan (SMK) dan merupakan Sarjana Komputer. Adapun Hobi saya yaitu Beladiri Campuran (MMA) , Berenang & Menulis sebagai Jurnalistik.




Tim Astra Motor Berikan Tutorial Cara Mengendarai Motor Kopling

tag:google.com,2005:reader/user/09689959770434513005/state/com.google/alerts/2335589448865632528 😃 | Bengkulu Pedia Google.com - site:https://www.bengkulupedia.com tag:google.com,2005:reader/user/09689959770434513005/state/com.google/alerts/381687915440932219 😃 | Bengkulu Pedia Google.com - site:https://1884061817778447842_615f7a7dfdb4a35f485cf3adfcdc231a0ac19187.blogspot.com